cetak,online& youtube
homeIndeks

Gandeng UMJ, Lintas Organisasi di Lampung Rencanakan Ujian Kompetensi Wartawan Tahun 2024

banner 120x600

Tanggamus/Pringsewu – Wartawan dari berbagai organisasi media di Lampung bersiap-siap untuk sebuah acara besar tahun ini. Dalam sebuah langkah kolaboratif yang luar biasa, lintas organisasi wartawan sepakat untuk menggandeng Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dalam penyelenggaraan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) 2024.

Keputusan ini diambil dalam pertemuan lintas organisasi wartawan di Kabupaten Tanggamus Lampung yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan standar kualitas wartawan di wilayah tersebut. Dengan melibatkan UMJ, diharapkan UKW Massal 2024 akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan dunia jurnalistik di Lampung.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Kosri, S.H., S.T selaku bendahara Forum Wartawan Kompeten Kabupaten Tanggamus (FWK-KT) mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak penyelenggara FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Sebagai Lembaga Penguji Kompetensi Wartawan.

“Koordinasi itu dilakukan setelah adanya Surat Keputusan Dewan Pers Nomor: 18/SK-DP/III/2020 Tentang Penetapan Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ sebagai Lembaga Penguji Kompetensi Wartawan,” kata Kosri, Rabu, 24 Januari 2024.

Kosri berharap dengan kolaborasi ini, diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas wartawan di Lampung melalui UKW Massal 2024.

“Ini adalah kesempatan bagi para wartawan untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan mereka serta mendapatkan sertifikasi UKW,” ujarnya.

UKW massal ini tidak hanya menarik perhatian wartawan yang ingin mengasah keterampilan, tetapi juga diharapkan dapat menciptakan ikatan lebih kuat antara lembaga pendidikan dan praktisi media.

“Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan nantinya akan terjalin kolaborasi yang lebih erat dalam mendukung pengembangan dunia jurnalistik di Lampung,” harapnya.

Para wartawan yang berminat mengikuti dan menjadi peserta UKW Massal 2024 dapat mengikuti berbagai ujian yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan etika jurnalistik.

“Dengan dukungan berbagai organisasi wartawan dan perguruan tinggi, acara ini diharapkan menjadi tonggak penting dalam meningkatkan profesionalisme wartawan dan kualitas informasi yang disajikan kepada masyarakat Lampung,” beber Kosri.

Ditambahkannya, untuk jenjang UKW diantaranya jenjang Wartawan Muda, Jenjang Wartawan Madya dan Jenjang Wartawan Utama.

Kepada para awak media di Lampung yang berminat dapat berkoordinasi melalui group WhatsApp Admin masing-masing ketua organisasi atau ketua pelaksana WhatsApp Ketua Pelaksana, 0821-7724-1755.

Hingga saat ini, sejumlah organisasi telah menyatakan persetujuannya untuk mengikuti UKW Lintas Organisasi 2024 diantaranya di Kabupaten Tanggamus diantaranya :
1. Forum Wartawan Kompeten Kabupaten Tanggamus (FWK-KT).
2. Komite Wartawan Indonesia (KWI)
3. Asosiasi Jurnalis Online Lampung (AJO-L)
4. Komite Wartawan Indonesia Perjuangan (KWI-P).
5. Perkumpulam Ikatan Jurnalis Tanggamus (PIJT).
6. Solidaritas Pers Indonesia (SPI)
7. Ikatan Penulis Jurnalis Indonesia (IPJI)
Tanggamus.

Sementara itu di Kabupaten Pringsewu diantaranya :
1. Forum Wartawan Kompeten (FWK)
2. Front Jurnalis Independent (FJI)
3. Forum Komunikasi Wartawan Kabupaten Pringsewu (FKWKP).
4. Komite Wartawan Reformasi Indonesia (KWRI).
5.Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI).

Selain organisasi tersebut, wartawan non organisasi juga akan turut serta dalam pelaksanaan UKW yang jika tidak ada kendala dijadwalkan akan digelar pada bulan Mei 2024.

(Khoiri)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *